Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sejak beberapa waktu yang lalu, parkir sepeda SPENSAR tiba-tiba menjadi penuh sesak. Penyebabnya adalah kemunculan sepeda-sepeda ber-stang tinggi dan panjang, bentuk rangka yang nyleneh dan warna cat yang nge-blink karena dichrome. Mereka adalah komunitas sepeda Low Rider Spensar. Meskipun keberadaan sepeda-sepeda ini membuat penuh parkiran, tetapi Bapak Asmad Septiyoso, M.Pd. selaku kepala sekolah kita berulang kali menyampaikan dukungannya kepada komunitas ini. Sebab pada dasarnya seusia siswa SMP memang belum diperbolehkan mengendarai sepeda motor. Nah, dengan mulai munculnya komunitas ini mudah-mudahan semakin bertambah banyak siswa yang tidak malu lagi membawa sepeda ke sekolah. Bahkan Bapak Kepala Sekolah siap membangun tempat parkir khusus sepeda bagi siswa jika memang tempat parkir yang ada sekarang kurang luas. Pada Buletin Mabok edisi khusus ini, kru Mabok berkesempatan untuk meliput komunitas ini. Berikut wawancaranya.

Apa nama komunitas yang kalian bentuk ini?

Komunitas yang kami bentuk ini kami beri nama “Lowrider Street Kwabama”

Mengapa kalian menyukai bentuk sepeda tipe Low Rider?

Bentuk sepeda Low Rider ini bagi kami sangat unik, dengan model rangka, stang, velg jari-jari rapat, serta warna chrome yang menyilaukan mata membuat sepeda ini makin tampak keren. Mengendarai sepeda yang unik dan keren sangat menyenangkan karena semua mata pasti akan memandang.

Sudah berapa lama kalian memiliki sepeda Low Rider?

Kami memiliki sepeda ini sejak 2 tahun yang lalu, tetapi saat itu peminatnya sangat sedikit sehingga ketika dipakai, orang-orang yang melihat hanya beranggapan sepeda ini aneh karena bentuknya yang tidak biasa. Barulah akhir-akhir ini seiring maraknya trend sepeda fixie yang merebak membuat sepeda Low Rider juga mulai diminati dan mulai bertambah banyak peminatnya.

Dari mana kalian mengetahui informasi tentang sepeda Low Rider ini?

Pertama kami melihat sepeda Low Rider ini dalam sebuah video klip musik dari grup band Superman Is Dead (SID) dari Bali yang merupakan grup band favorit kami.

Modifikasi/perubahan apa saja yang sudah diterapkan pada sepeda Low Rider Kalian?

Beberapa perubahan dari yang kecil hingga paling besar dan ekstrim sudah pernah kami lakukan, mulai dari mengganti stang, jok, warna cat, springer, hingga modif rangka.

Berapa biaya yang sudah dikeluarkan untuk merawat sepeda kalian?

Modif yang kami lakukan secara bertahap, hal itu dilakukan agar biaya yang dikeluarkan tidak terasa mahal. Tetapi jika dihitung secara keseluruhan, biaya total yang telah kami keluarkan hingga saat ini bisa mencapai kurang lebih 2,5 jutaan.

Apa kesulitan yang kalian hadapi untuk merawat sepeda Low Rider?

Merawat sepeda Low Rider ini sebenarnya mudah, yang paling penting adalah kita telaten dan rajin membersihkan sepeda kita setiap hari. Jadi kalau sudah musim hujan, ini biasanya yang paling kami takuti, karena air hujan dan kotor bisa menyebabkan karat pada sepeda, telat sedikit saja untuk dibersihkan bisa langsung berkarat.

Apakah orang tua kalian mendukung hobi kalian ini?

Orang tua kami sangat mendukung hobi ini, bahkan mereka selalu memberi support dan dukungan. Tidak jarang mereka yang menjadi sponsor dan mendanai modifikasi yang kami lakukan. Mungkin karena bagi orang tua kami hobi ini dianggap tidak membahayakan, justru merupakan kegiatan yang positif daripada kami hanya kumpul-kumpul tidak ada kerjaan lebih baik kumpul untuk membahas hobi ini.

Kapan dan di mana biasanya kalian berkumpul berparade menaiki sepeda Low Rider bersama-sama?
Biasanya kami ngumpul di jalan Jagalan setiap malam minggu pukul 19.00 wib, dan berparade keliling Kwanyar. Kami juga pernah mengadakan touring hingga ke kota Bangkalan. Di sana kami berkumpul bersama para pecinta sepeda Low Rider yang lain.

Spensar LowRider:

  1. Malik (VIII A)
  2. iPen (IX B)
  3. Alex (IX C)
  4. Alan (VIII D
  5. Faris (VII E)
  6. Aril (VII B
  7. Lukman (VII C)

Apa harapan kalian di masa yang akan datang sebagai para pecinta sepeda Low Rider?

Kami ingin pecinta sepeda Low Rider bertambah banyak, selain itu, kami juga punya mimpi suatu saat nanti bisa “goes” bareng personil Superman Is Dead.

 

Iklan