PROFIL SEKOLAH

SEKOLAH STANDAR NASIONAL (SSN)

NAMA SEKOLAH : SMP Negeri 1 KWANYAR

ALAMAT SEKOLAH : JL. RAYA DLEMER NO. 08 KWANYAR

NOMOR  TELEPON : 031-3166033

NOMOR FAX : 031-3166033

WEBSITE : www.spensar.co.cc

E-MAIL : www.smpn1kwanyar@yahoo.com

KABUPATEN/KOTA : BANGKALAN

PROVINSI : JAWA TIMUR

IDENTITAS SEKOLAH

1.      Nama Sekolah :  SMP NEGERI 1 KWANYAR              

2.     No. Statistik Sekolah :   201052911001

3.     Tipe Sekolah : A/A1/A2/B/B1/B2/C/C1/C2

4.     Alamat Sekolah :Jl. RAYA DLEMER NO. 08

(E-Mail Sekolah)  http://www.smpn1kwanyar@yahoo.com

: (Kecamatan) KWANYAR

: (Kabupaten/Kota) BANGKALAN

: (Propinsi) JAWA TIMUR

5.     Telepon/HP/Fax : (031) 3166033

6.     Status Sekolah : Negeri

7.     Nilai Akreditasi Sekolah : 80,15

Arti Lambang SMP Negeri 1 Kwanyar

Tangan terbuka mengambarkan kesediaan, ketulusan, serta kesungguhan hati dalam mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Bola dunia berarti tempat untuk mengabdi dan beramal guna mencapai kebahagian dunia dan akhirat. Adapun warna hijau pada bola dunia menunjukkan rasa tanggung jawab yang besar terhadap kelangsungan dan kelestarian lingkungan. Sedangkan garis lintang dan bujur menunjukkan eratnya hubungan silaturahmi yang luas.

Warna biru langit yang terdapat di bagian atas, melambangkan kesejukan penuh kedamaian untuk mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, serta dalam perjuangan dan upaya mewujudkan cita-cita bangsa.

  Warna biru laut yang terdapat pada bagian bawah, melambangkan bahwa dalam memperjuangkan dan mengupayakan terwujudnya cita-cita bangsa, bersikap tegas, mantap, percaya diri, dan penuh optimisme

Garis bentang yang memisahkan warna biru langit dan biru laut merupakan penggambaran titik pandang tanpa batas antara langit dan bumi yang menunjukkan usaha keras dalam menuntu ilmu pengetahuan dan teknologi tak terbatas.

Perisai cembung segi empat merupakan perwujudan benteng diri dari berbagai tantangan global berbekal kekuatan iman dan takwa.

Garis tepi tebal tipis merupakan perwujudan keselarasan, toleransi, rasa saling menghormati, menghargai, dan melindungi dalam menyikapi setiap perbedaan antara yang kuat dan yang lemah.

Selayang Pandang SMP negeri 1 Kwanyar

SMP Negeri 1 Kwanyar adalah lembaga yang didirikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Bangkalan pada tahun 1982, tepatnya di Kecamatan Kwanyar. Minimnya pendidikan umum yang berada di di Kecamatan Kwanyar menjadi dasar pembentukan Lembaga Pendidikan SMP Kwanyar pada tahun 1980 yang saat itu berada di bawah naungan SMP 1 Bangkalan (Filial) karena masih kurangnya sarana dan prasarana yang ada.

Proses belajar mengajar di awal pembentukan Lembaga Pendidikan SMP Kwanyar masih dilakukan secara bergantian dengan salah satu SD Negeri yang berada di Kecamatan Kwanyar, baik itu berupa gedung maupun tenaga pengajar. Terlebih lagi karena minimnya siswa yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, maka Kepala Sekolah beserta guru pengajar masih harus mencari siswa dari desa ke desa bekerja sama dengan seluruh Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat yang ada di Kecamatan Kwanyar.

Selain keterbatasan sarana dan prasarana, SMP Kwanyar di awal pembentukannya juga mengalami masalah kekurangan guru pengajar sehingga direkrutlah guru-guru swasta dan guru-guru SD yang berada di Kecamatan Kwanyar untuk menjadi guru sementara. Akhirnya, pada tahun 1984 dibangunlah gedung pertama SMP 1 Kwanyar bersamaan dengan kelulusan siswa pada tahun pelajaran 1984-1985 yang saat itu dikepalai oleh Bapak Sudjono.

Kepemimpinan SMP 1 Kwanyar

No Kepala Sekolah Tahun
1 Sudjono 1984-1987
2 Ramelan 1988-
3 Drs. Moh. Ridwan
4 Drs. Rustamadji 1994-2004
5 Drs. Asmad Septiyoso, M.Pd. 2005-sekarang
Iklan